Pemkab Pamekasan Matangkan Program Peduli Lansia

Bupati Baddrut bersama sekdakab totok hartono memimpin rakor program peduli lansia di peringgitan dalam rumah Dinas Bupati Pamekasan

PAMEKASAN, Lebur.id – Pemerintah Kabupaten Pamekasan menggelar diskusi bersama Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya di Mandhapa Aghung Ronggosukowati Pamekasan, Kamis (21/1/20201) siang.

Diskusi tersebut dalam rangka mematangkan program perdana di Tahun 2021, yakni peduli lansia. Dalam program ini, Pemkab akan memberikan bantuan makanan serta obat-obatan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan, hal ini dilakukannya agar lansia di Kabupaten Pamekasan mendapatkan jaminan kepastian, mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan pengobatan yang pantas sehingga nantinya kesehatan dan harapan hidupnya semakin bagus

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Jawa Timur ini menambahkan, program ini rencananya akan direalisasikan pada bulan Februari – April nanti. Saat ini, pihaknya masih mempersiapkan beberapa hal seperti diantaranya kriteria, alur, managemen, dan nama yang pas agar nantinya program ini berjalan dengan maksimal.

“Kategorinya ini yang sedang kita matangkan lagi, kita diskusikan lagi, biar nantinya program ini semakin lengkap,” katanya pada Lebur.id usai menggelar diskusi di Mandhapa Aghung Ronggosukowati Pamekasan.

Ra Baddrut sapaan akrabnya mengatakan, saat ini ada sekitar 4000 data lansia yang sudah masuk. Dari data-data itu nantinya akan dikaji, masuk kriteria atau tidaknya dalam menerima bantuan di program ini.

Selain mempersiapkan beberapa konsep dari program tersebut, pihaknya juga mengkaji beberapa hal teknis, baik pendamping yang memasak di masing-masing Kecamatan kemudian pendamping untuk kesehatan nantinya

“Ini termasuk hal yang luar biasa, karena ini juga membangun pertumbuhan ekonomi, orang ada yang mengantarkan dan dapat honor,” katanya

Ra Baddrut mengatakan, program ini dianggarkan sebesar 4 Miliyar yang diambil dari APBD. Kemudian untuk melaksanakan program tersebut, pihaknya akan mempersiapkan Perbup. Disisi lain, masukan-masukan dari berbagai pihak juga dibutuhkan agar dalan pelaksanaannya berjalan maksimal.(Uzi/mad/wa)