Safari Ramadhan ke Palengaan dan Proppo, Mas Tamam Ajak Ulama Kompak Membangun Pamekasan

PAMEKASAN, Lebur.ID- Safari Ramadhan 1443 H Pemkab Pamekasan, Jawa Timur kembali digelar. Kali ini, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam beserta rombongan bersilaturrahim dengan para ulama dan tokoh masyarakat di kantor Kecamatan Palengaan dan kantor Kecamatan Proppo, Jum’at (15/4/2022) sore.

Seperti safari di tempat lain, di dua kecamatan ini Mast Tamam memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum duafa’. Setelah itu, mantan anggota DPRD Jawa Timur ini menyerahkan bantuan secara simbolik untuk guru ngaji, bantuan hibah untuk musolla dan masjid.

Dalam sambutannya, Mas Tamam mengajak semua pihak kompak dalam membangun Pamekasan. Ada tiga komponen penting yang menurutnya harus bersinergi memajukan daerah. Yakni, pemerintah, penegak hukum, dan tokoh agama. Ketiganya merupakan pilar utama pembangunan.

“Tugas keamanan tugasnya Pak Kapolres dan Komandan Kodim. Tugas pembangunan tugasnya pemerintah kabupaten. Tugas membimbing ummat tugasnya para alim ulama,” katanya.

Jika ketiganya sudah sinergi, maka pembangunan akan berjalan lancar. Sebab tak mungkin aka nada pembangunan, manakala di daerah tersebut tidak aman. Begitupun masyarakat tidak akan damai, manakala ulama tidak memberikan bimbingan.

Pihaknya mengaku serius dalam membangun Pamekasan. Keseriusan itu bisa dilihat dari adanya lima program prioritas. Yakni, pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan reformasi birokrasi. Kelima program tersebut bersentuhan langsung serta menyangkut hajat hidup seluruh masyarakat Pamekasan.

“Di bidang pendidikan ada program beasiswa santri dengan memberikan uang saku sebesar Rp 500 ribu perbulan, program itu telah berjalan sejak 2020 dengan jumlah ribuan santri telah merasakannya,” jelasnya.

“Kemudian, beasiswa kedokteran dengan menanggung biaya kuliah hingga biaya hidup mereka. Serta fasilitasi dengan sekolah kedinasan untuk anak-anak tidak mampu,” tambahnya.

Dia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program pemerintah daerah tersebut demi kemajuan Pamekasan di masa yang akan datang, karena segala program yang telah dicanangkan untuk kepentingan masyarakat.

“Oleh karena itu, ayo bergandengan tangan menjaga Pamekasan tercinta ini, jaga kondusifitas, dan keamanan, apalagi menjelang pilkades. Jaga kerukunan, jangan ribut dengan tetangga. Sekali lagi, jaga kerukunan,” pintanya.

Pantauan Lebur.ID, kegiatan safari ramadhan ini dihadiri oleh pejabat penting di Pamekasan. Antara lain, Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, Dandim 0826/Pamekasan, Letkol Inf. Ubaidillah, Ketua DPRD, Fathor Rohman, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan. (lum)