Antisipasi Banjir, Pj Bupati Pamekasan Gotong Royong Bersihkan Sampah Sungai

PAMEKASAN, Lebur.id – Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Masrukin, turun langsung berpastisipasi dalam kegiatan Gerakan Bersih Sungai di Sungai Lembung Center, Jalan Ghazali Kelurahan Jungcangcang Pamekasan, Minggu (21/1/2024) pagi.

Hadir juga dalam kegiatan bersih-bersih sungai itu, Pj Sekda Pamekasan, Achmad Faisol, Kepala Dinas PUPR Pamekasan, Amin Jabir, Kalaksa BPBD Pamekasan, Akhmad Dhofir Rosidi, Camat Pamekasan, Rahmat Kurniadi, perwakilan TNI/Polri, serta puluhan masyarakat yang turut antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Pj Bupati Pamekasan, Masrukin bersama para pejabat lainnya tidak sungkan untuk turun langsung membersihkan sampah dan patahan-patahan kayu yang mengotori sepanjang aliran sungai.

“Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam aksi bersih-bersih sungai ini. Tentu, hal ini merupakan bentuk kepedulian kita semua kepada lingkungan,” ujar Masrukin usai kegiatan.

Menurut Masrukin, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir, tidak cukup dengan hanya menggalakkan kegiatan bersih-bersih sungai. Lebih dari itu, gerakan yang sebenarnya harus berangkat dari dalam diri masyarakat itu sendiri untuk senantiasa peduli terhadap kebersihan lingkungan masing-masing.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terlebih ke aliran sungai. Apalagi ketika memasuki musim penghujan seperti sekarang, dimana angka resiko terjadinya bencana alam semakin meningkat.

“Kami berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, buanglah sampah kepada tempatnya,” pungkasnya. (lum)