Akademisi; Pamekasan Layak Di Jadikan Pilot Project Prestasi Olahraga Madura

Sumenep, lebur.id: Akademisi dari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatam dan rekreasi STKIP PGRI Sumenep Taufik Rahman,  menilai Kabupaten Pamekasan layak dijadikan pilot project pengembangan prestasi olahraga di Madura. Itu dilihat dari prestasi atlet cabor olahraga anggota Koni Pamekasan.

Pria yang menjabat Ketua Program Studi (Ka. Prodi)  Pendidikan Jasmani kesehatan dan Rekreasi STIKIP PGRI Sumenep ini menguraikan ada beberapa indikator Pamekasan layak dijadikan pilot project pengembangan olahraga di Madura. Pertama,  peringkat Kabupaten Pamekasan berada di 14 besar se Jawa Timur. Sementara Kabupaten lainya di Madura masih berada urutan jauh dibanding Pamekasan.

Kedua,  penataan organisasi dan managemen olahraga Koni Pamekasan juga dianggap berhasil.  Buktinya,  cabor anggota Koni Pamekasan minim konflik. Sehingga dampaknya terhadap peningkatan prestasi.

“Terkait hasil Porprov 2019 kemarin, dimana Kabupaten Pamekasan menduduki peringkat 14 klasemen akhir proprov, ini merupakan pencapaian luar biasa, persiapan yang dilakukan Kabupaten Pamekasan sudah sangat matang untukk menyongsong kejuaraan 2 tahunan ini, mulai dari seleksi atlet, pembinaan dan pelatihan dilakukan secara periodik dan dalam manajemen yang baik pula.Sehingga, benar kata pepatah usaha tidak menghianati hasil dan itu bisa dilihat dari pencapaian porprov tahun 2019, Tentunya raihan peringkat ini menjadi raihan terbaik dari ke 4 kabupaten yang ada di pulau Madura ini dan memang layak Kabupaten Pamekasan dijadikan pilot project perkembangan olahraga di Madura”ungkapnya.

Taufik berharap agar Koni se-Madura bisa ber-sinergi untuk membangun prestasi olahraga lebih baik lagi kedepan

“Dengan hasil pencapaian Porprov 2019 , Keempat Kabupaten (Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan) melalui KONI Kabupaten masing-masing bersinergi untuk membuat komitmen tentang perkembangan olahraga di Madura ini. Sinergi inilah yang diharapkan seluruh masyarakat Madura dengan harapan untuk membangun kembali prestasi olahraga di Madura yang memiliki banyak atlet potensial”ungkapnya.

Seperti yang diketahui,  Kabupaten Pamekasan berada di peringkat 14 dalam klasmen Porprov Jatim 2019. Sementara Sampang berada di peringkat 26, dan Sumenep berada di peringkat 36.Sementara Kabupaten Bangkalan berada di posisi ke 38 Kabupaten/Kota di Jatim. (lus/brad).