Cerpenis Ongky Arista UA Apresiasi Bulan Literasi SMK Sumber Nangka

PAMEKASAN, Lebur.ID- Bulan Literasi OSIS SMK Sumber Nangka, Pondok Pesantren Miftahul Hidayah, Sumber Nangka, Desa Duko Timur, Kecamatan Larangan, Pamekasan kembali digelar, Jumat (9/9/2022). Tema kali ini yakni Menulis Cerpen. Cerpenis Ongky Arista UA menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut.

Sebelum memulai diskusi, Ongky memberikan apresiasi atas terlaksananya Bulan Literasi. Menurutnya, tidak banyak pesantren yang menggelar kegiatan dengan fokus kajian literasi selama sebulan penuh. 

“Ini mungkin satu-satunya pesantren di Pamekasan, atau mungkin di Madura, yang fokus kepada literasi,” kata Ongky.

Ketua Forum Wartawan Pamekasan (FWP) itu menjelaskan bahwa pesantren-pesantren lain juga punya kegiatan literasi, tapi biasanya digabung dengan acara-acara lain. Seperti di Pondok Pesantren Bata-Bata dengan kegiatan Pekan Ngajinya atau Pondok Pesantren Annuqayah dengan Festival Cinta Buku.

“Tapi yang menggelar kegiatan dengan fokus seperti Bulan Literasi mungkin baru di sini,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ongky bercerita tentang perjalanan kepenulisannya. Dia berkisah bahwa pada mulanya menulis cerpen karena kecelakaan. Suatu ketika, dalam perjalanan dari kota Sumenep menuju kecamatan Bluto, dia mengalami kecelakaan. Kisah itulah yang kemudian ditulis jadi cerpen.

Ongky juga memberi motivasi bahwa menjadi penulis itu memiliki kelebihan tersendiri. Disamping bisa mengangkat popularitas, juga dapat menghasilkan materi. Sebab ketika tulisan dimuat, seperti cerpen, maka akan dapat honor dari medianya.

“Misalnya cerpen yang dimuat di Kompas bisa dapat honor hingga Rp 1,5 juta, di Jawa Pos antara Rp 900 ribu hingga Rp 1 juta,” jelasnya.

Untuk memulai menulis cerpen, Ongky memberi tips yang mudah dilakukan oleh para santri. Salah satunya dengan membaca cerpen minimal dua judul setiap harinya. Setelah membaca, kemudian mencoba memulis.

“Mustahil seseorang bisa jadi penulis kalau dia tidak suka baca buku. Teman-teman yang banyak baca buku, punya potensi besar untuk menjadi penulis,” tegas Pemimpin Redaksi KabarMadura.ID tersebut.

Sementara itu, dalam sambutan mewakili Kepala SMK Sumber Nangka, Bahrul Rosi mengatakan bahwa kegiatan ini harus diikuti dengan serius. Sebab menurutnya kegiatan literasi memiliki banyak manfaat. Terutama dalam mengasah kemampuan siswa dalam memulis.

Bahrul menjelaskan bahwa kegiatan Bulan Literasi digelar secara berseri selama September 2022. Tema yang didiskusikan yakni, Menulis Puisi, Menulis Cerpen, Menulis Resensi, Menulis Opini, dan Menulis Berita. (fer/isa)