Bupati Pamekasan: Tidak Ada Pelaut Handal Tanpa Melewati Badai dan Gelombang

PAMEKASAN, Lebur.ID- Orang besar adalah orang yang mampu menyelesaikan perkara-perkara besar. Itulah prinsip yang dipegang teguh oleh Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam. Menurutnya, semakin besar tantangan yang dihadapi, maka semakin meningkatkan derajat orang tersebut.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan bahwa orang hebat akan menjadikan rintangan sebagai tantangan. Karena itulah dia akan segera mencari jalan keluar permasalahan yang dihadapi. Semakin banyak persoalan, dia semakin termotivasi untuk mencapai kesuksesan.

“Tidak akan ada pelaut handal tanpa melewati badai gelombang,” kata bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut, Jum’at (15/7/2022).

Karena itulah, dia mengajak generasi muda untuk tidak mudah menyerah, tidak mudah baper apalagi menyerah kepada keadaan. Menurutnya, generasi muda harus seperti batu karang yang tetap berdiri kokoh meski dihantam badai dan gelombang. Generasi muda harus bisa menjadi seperti pelaut handal yang bisa menyeberangi pulau-pulau demi mencapai kesuksesan.

“Jangan menjadi generasi yang sedikit-sedikit curhat di media sosial,  dikit-dikit curhat di beberapa tempat. Akhirnya menjadi generasi krupuk, kena angin sedikit layu dan tidak bisa dinikmati oleh zaman ini,” tegasnya.

Selama memimpin Pamekasan, pihaknya memiliki beberapa program pemberdayaan terhadap generasi muda. Di antaranya, beasiswa santi untuk siswa yang berprestasi, kurang mampu, atau hafidz al-Qur’an. Selain itu, Pemkab Pamekasan juga melakukan kerjasama kemitraan dengan menyediakan beasiswa untuk anak-anak Pamekasan kuliah jurusan kedokteran di Unair Surabaya.

Program lainnya yakni, wira usaha baru (WUB). Selama kepemimpinannya, Mas Tamam menargetkan lahir 10 ribu wirausaha baru. Mereka akan menjadi generasi hebat di masa yang akan datang.

“Kita latih orangnya, kita bantu alatnya melalui CSR, kita bantu pemasarannya baik secara offline atau pun online,” jelasnya.

“Bagi yang membutuhkan modal, pemkab Pamekasan juga menyiapkan bantuan pinjaman modal dengan bunga nol persen bagi pelaku usaha baru yang telah ikut pelatihan WUB,” tegasnya. (isa)