Bupati Pamekasan, Wairjenad TNI, dan Kodam V Brawijaya Pantau Pavingisasi dan Rutilahu

AMEKASAN, Lebur.id – Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam bersama Wakil Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Wairjenad), Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Inspektur Kodam V Brawijaya, Brigjen TNI Arie Subekti, serta Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf. Tedjo Baskoro meninjau pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Desa Rangperang Daya, Kecamatan Proppo, Kamis (07/10/21).

Pantauan di lokasi, blusukan pertama dimulai di Balai Desa Rangperang Daya, dengan diisi pemaparan hasil pembangunan dari TMMD, dan dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) kepada puluhan warga kurang mampu di Desa Rang Perang Daya.

Setelah itu dilanjutkan dengan meninjau hasil pavingisasi untuk akses jalan baru di Dusun Pompongan yang telah selesai seratus persen.

Di lokasi tersebut, rombongan disambut hangat oleh warga setempat. Sebab akses jalan yang menghubungkan dua Dusun itu sebelumnya hanya berupa jalan berbatu, namun kini telah mulus berkat dibangun oleh peserta TMMD ke-112.

Kemudian rombongan bergeser melihat proses pembuatan tandon air yang sudah hampir selesai yang tak jauh dari lokasi pavingisasi. Tandon air ini nantinya akan bermanfaat bagibwarga setempat untuk keperluan mandi, minum, mencuci pakaian dan kebutuhan hidup lainnya.

Dari lokasi tersebut, rombongan bergeser meninjau pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), dengan mengendarai motor trail. Di lokasi, penerima berterima kasih kepada Bupati Baddrut Tamam dan beserta rombongan dari TNI-AD dan Kodam V atas bantuan pembangunan rumah tersebut.

Sebelum blusukan, Bupati dengan sapaan Mas Tamam itu dalam sambutannya menyampaikan, Pamekasan hampir setiap tahun melaksanakan program TMMD. Tahun-tahun sebelumnya, Komandan Kodim mengusulkan lokasi TMMD sebanyak dua sampai tiga desa.

Namun karena saat ini masih pandemi Covid-19, TMMD tahun 2021 itu hanya dilaksanakan di satu desa, yaitu di Desa Rangperang Daya Kecamatan Palengaan, Pamekasan.

“Kalau tahun sebelumnya dilaksanakan di dua desa,” terang Baddrut Tamam saat sambutan di Pringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati.

Baddrut Tamam menambahkan, sebelum adanya pandemi Covid-19, dirinya bersama Forkopimda biasanya datang malam hari dan meluangkan waktu bakar ikan bersama para peserta TMMD, dengan tidak lupa memberi semangat kepada mereka dalam bertugas serta ikhlas mengabdi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Karena sekarang pandemi jadi semua harus mematuhi protokol kesehatan, dan di TMMD tahun ini kita tidak menyambangi malam hari. Tapi beberapa pekal lalu, kami bersama Komandan Kodim, Camat dan Kades melihat secara langsung kerja TMMD di lokasi,” ujar Baddrut Tamam.

Begitu pula, Kepala Desa Rangperang Daya, Moh. Toli juga sangat mengapresiasi kinerja para peserta TMMD dan senantiasa mendukung kesuksesan program TMMD ke-112. (lum)