Launching Pasar Murah Ramadhan, Wabup Pamekasan: Niat Bantu Masyarakat

PAMEKASAN, Lebur.id – Pemkab Pamekasan, Jawa Timur, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat menggelar Pasar Murah Ramadhan di Food Colony Jalan Kesehatan Pamekasan, Kamis (16/3/2023).

Pasar murah yang memang rutin digelar setiap tahun menjelang bulan Ramadhan itu secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, Fattah Jasin. Wabup memastikan harga sembilan bahan pokok (sembako) di Pasar Murah Ramadhan itu lebih murah dibandingkan harga pasar.

“Memang ini niat Pak Bupati untuk membantu masyarakat dalam rangka persiapan menyambut Ramadhan. Mari kita sama-sama jaga baik stabilitas ketersediaan dan harga sembako di tingkat produsen maupun konsumen,” ujar Fattah Jasin kepada awak media, Kamis (16/3/2023).

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Jawa Timur itu melanjutkan, guna mencegah terjadinya fluktuasi, dia berharap para produsen harus tetap menjaga stabilitas jumlah produksinya. Di sisi lain, para konsumen seharusnya membeli sembako sesuai kebutuhan, tidak berlebihan apalagi melakukan penimbunan.

“Maksimal konsumen membeli sembako untuk stok selama satu minggu lah, itu saya kira masih aman supply demand nya,” terangnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Disperindag Pamekasan, Basri Yulianto menyampaikan, Pasar Murah Ramadhan itu akan digelar di empat tempat berbeda hingga masuk bulan Ramadhan. Pertama di area Food Colony Jalan Kesehatan mulai tanggal 16-17 Maret 2023.

Kemudian lokasi kedua di kantor Kecamatan Palengaan pada tanggal 27-28 Maret 2023, ketiga di Kantor Kecamatan Waru tanggal 5-6 april 2023, serta terakhir di pasar tradisional Kecamatan Pakong mulai tanggal 11-12 April 2023.

“Komoditas yang tersedia pada pelaksanaan pasar murah ini mulai komuditas beras, minyak goreng, gula, garam, bawang merah, bawang putih, mie instan, makanan ringan, serta berbagai ragam bumbu dapur, dan aneka makanan minuman olahan lainnya,” urainya.

Dia berharap, Pasar Murah Ramadhan ini dapat menjadi media dalam memenuhi kebutuhan sembako dengan harga yang terjangkau, tidak hanya itu kegiatan ini juga diharapkan mampu menjaga stabilitas harga sembako di Kabupaten Pamekasan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mampu melaksanakan kegiatan ini, kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila selama pelaksanaan kegiatan pasar murah ini ada hal-hal yang kurang berkenan,” tutupnya. (lum/isa)