Datangi Warga Terdampak Banjir, Pj Bupati Pamekasan Beri Bantuan Kebutuhan Sahur dan Buka Puasa

PAMEKASAN, Lebur.id – Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Masrukin, menyambangi dan memberikan bantuan kepada sejumlah warga yang tertimpa musibah banjir luapan air sungai, Selasa, (12/3/2024) malam.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Pamekasan, Masrukin, didampingi oleh Kalaksa BPBD Pamekasan, Ahmad Dhofir Rosidi, Kepala Satpol PP dan Damkar Pamekasan, Mohammad Yusuf Wibiseno, Kepala Dinsos, Herman Hidayat, serta sejumlah pejabat lainnya.

“Ini banjir tahunan kalau intensitas hujan sangat tinggi, ini (hujan,red) mulai subuh dan hampir merata di Pamekasan. Sehingga debit air meluap ditambah wilayah aliran di hilir air laut pasang,” ujar Masrukin saat ditemui di lokasi banjir.

Dia melanjutkan, pihaknya sementara hanya bisa memberikan bantuan siap saji kepada para korban banjir lantaran tidak sempat memasak untuk persiapan menu buka puasa dan sahur, dimana musibah tersebut terjadi di awal Ramadan. Termasuk juga pendirian dapur umum yang akan segera dikebut.

“Karena tidak bisa masak, paling tidak buka puasanya tertangani, dan sahurnya juga tertangani dengan bantuan berupa nasi bungkus yang siap saji. Ini memastikan supaya masyarakat tidak sulit, karena ini bulan ramadan,” terangnya.

Selain itu, orang nomor satu di kota batik tulis itu akan melakukan mitigasi pada beberapa wilayah lain yang juga terdampak banjir. Menurutnya, cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi itu juga menyebabkan sejumlah jembatan di daerahnya putus.

“Mudah-mudahan segera surut, kita akan mengecek kerugian-kerugian untuk kita bantu semaksimal mungkin. Dan kita sudah laporkan ke BPBD provinsi dan Pj Gubernur,” harapnya.

Sebelumnya, cuaca ekstrem yang terjadi di Pamekasan, Selasa (13/3/2024), menyebabkan beberapa sungai tidak mampu lagi menampung debit air yang terus bertambah. Hingga akhirnya air tersebut meluap dan menggenangi sejumlah lokasi sekitar sungai itu.

Banjir itu melanda 6 kelurahan dan 3 desa di Kecamatan Pamekasan dan Kecamatan Pademawu. Diantaranya yakni Kelurahan Barurambat Kota, Kelurahan Jungcangcang, Kelurahan Kangenan, Kelurahan Parteker, Kelurahan Patemon, dan Kelurahan Barurambat Timur. Serta Desa Laden, Desa Lemper, dan Desa Jalmak. (lum)