Gebyar Batik Pamekasan Siap Pukau Jember Fashion Carnival

PAMEKASAN, Lebur.id – Pemkab Pamekasan, Jawa Timur, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat akan menggelar Gebyar Batik Pamekasan (GBP) yang keempat di tahun 2022.

Event promosi batik tulis khas Pamekasan tersebut bakal digelar di Alun-Alun Central Park Jember pada Sabtu, 6 Agustus mendatang, pukul 19.00 WIB, berkolaborasi dengan kegiatan Jember Fashion Carnival (JFC).

Kabid Perdagangan Disperindag Pamekasan, Siti Shalehah Yuliati, pihaknya menggelar GBP dengan menggandeng JFC sebab Jember Fashion Carnival merupakan satu agenda besar di Kabupaten Jember yang digelar setiap tahun.

Sehingga, pihaknya berharap para pengunjung, masyarakat secara luas, serta semua yang mengikuti event tersebut baik offline maupun online melalui live streaming dapat tertarik untuk mengoleksi batik tulis khas Pamekasan.

“Kita sekarang persiapannya sudah 90 persen, kita ini untuk mempromosikan batik di sana, tetapi bukan jualan ya, tetapi promosi untuk mengangkat nilai jual batik Pamekasan yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat,” ungkapnya, Rabu (3/8/2022).

Dia menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mengangkat nilai jual batik Pamekasan yang menjadi salah satu potensi besar di daerahnya. Batik tulis Pamekasan sejauh ini kualitasnya tidak kalah bersaing dengan batik tulis lainnya di Indonesia.

Menurutnya, batik tulis Pamekasan merupakan warisan nenek moyang yang harus dijaga kelestariannya. Sehingga, cita cita Bupati Baddrut Tamam untuk mensejahterakan masyarakat dari bawah, merata dan berkeadilan berjalan sesuai harapan.

“Dengan masuknya kita pada Jember Fashion Carnival ini, publikasi kita secara otomatis secara nasional. Tetapi, kita juga akan membawa orang untuk mempromosikannya secara langsung,” pungkasnya. (lum/isa)