Blusukan ke Kantor Dinkes, Bupati Pamekasan Mas Tamam Ajak ASN Solid

KOMPAK: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam (empat dari kiri) foto bersama pejabat dan staf Dinkes, Rabu (2/2/2022)

PAMEKASAN, lebur.id- Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam berkomitmen untuk menciptakan iklim birokrasi yang lebih baik. Salah satu caranya dengan membangun chemistry dalam bekerja dengan para aparatur sipil Negara (ASN). Terkini, orang nomor satu di kota batik tersebut melakukan blusukan ke kantor dinas kesehatan (dinkes) di Jalan Stadion, Rabu (2/2/2022).

Ketika tiba di kantor Dinkes, Mas Tamam langsung menyapa dengan penuh ramah para aparatur. Dalam kunjungan ini dia juga melihat ruang kerja dan suasana kerja aparatur. Hal itu dilakukan dalam rangka memperkuat emosi antar kepala daerah dengan pelaksana teknis program pemerintah.

“Yang perlu kita lakukan adalah sudut pandang kita harus sama. Dengan sudut pandang yang sama, baru kita kompak, setelah kompak, kita jelas arahnya kemana,” katanya.

Pihaknya menekankan agar program kerja OPD sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Karena itulah, kekompakan sangat penting dilakukan. Sebab jika tidak kompak, maka target kegiatan pembangunan bisa tidak berjalan optimal.

“Kekompakan dan soliditas dalam organisasi itu penting lantaran kebaikan yang tidak terorganisir dengan baik akan kalah dengan kejahatan yang terorganisir dengan baik,” tegas politikus PKB itu.

“Maka kita ini harus sadar fungsi, sadar peran. Fungsi kita mengabdi kepada bangsa dan negara, peran kita menjalankan kegiatan pemerintah yang telah dirancang. Sehingga, kita ini harus solid,” tandasnya.

Mantan anggota DPRD Jawa Timur itu mengingatkan bahwa jabatan tidak membuat seseorang otomatis terhormat. Sebab kehormatan itu dapat diraih manakala seseorang sudah berbuat baik, berkontribusi positif, serta memberi manfaat bagi bangsa dan Negara.

“Yang membuat kita terhormat karena kita mampu memberikan kontribusi positif terhadap bangsa dan negara,” tegasnya.

Untuk diketahui, blusukan ke kantor OPD ini bukan kali pertama bupati yang akrab disapa Mas Tamam. Sebelumnya, dia sudah blusukan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Koperasi Usaha Mikro. Kemudian, mengunjungi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP). (isa)