Disdikbud Pamekasan Beri Penghargaan Peserta Terbaik Baca Al-Qur’an dan Pra KSN

PAMEKASAN, Lebur.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, memberikan penghargaan kepada para peserta terbaik membaca Al-qur’an sekaligus pembekalan pra Kompetisi Sains Nasional (KSN), di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan, Senin (28/06/21).

Terdapat 26 siswa dan siswi dari berbagai Sekolah Dasar Negeri (SDN) di 13 Kecamatan di Pamekasan yang dianugerahkan sebagai peserta terbaik dengan hadiah berupa sertifikat dan trophy. Sedangkan 6 siswa dan siswi yang akan mengikuti pra KSN, mendapat cinderamata trophy, sertifikat, serta uang pembinaan.

Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini menyebutkan, ada dua indikator penilaian untuk menjadi peserta terbaik membaca Al-qur’an, yakni tahsin (kefasihan membaca) dan tajwid (ketepatan bacaan), yang dinilai oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Studi Islam (LP2SI) Kabupaten Pamekasan.

“Pemenang membaca Alqur’an dinilai dari tahsinnya yakni kebagusan membacanya dan tajwidnya atau ketepatan membacanya. Di setiap Kecamatan ada, putra maupun putri, dan penjuriannya oleh BKPRMI dan LP2SI Pamekaaan,” jelasnya pada Lebur.id usai acara, Senin (28/06/21).

Dia melanjutkan, penganugerahan tersebut merupakan tindak lanjut program membaca dan menulis Al-qur’an oleh lembaganya yang telah lama dijalankan secara periodik dan mulai digerakkan sejak bulan Ramadhan kemarin.

“Ini kelanjutan dari program membaca dan menulis Al-qur’an. Program itu sudah lama kami laksanakan secara periodik, tapi gerakannya dimulai Ramadhan kemarin,” terangnya.

Sedangkan untuk 6 orang yang akan mendapat pembekalan pra KSN, pihaknya bertekad menjadikan siswa dan siswi tersebut bisa meraih gelar juara di KSN tingkat Provinsi maupun Nasional, baik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) maupun Matematika.

“KSN diambil dari juara 1,2, dan 3, mapel IPA maupun Matematika di Pamekasan. Kami berharap bisa juara di KSN jatim dan Nasional,” tutupnya. (lum)