Memperolah Ketenangan dengan Shalat

Judul               : 1+ 1= 27 : Back to Masjid

Penulis             : Abu Humaira

Penerbit           : Genta Hidayah

Cetakan           : Pertama, April 2017

Tebal               : viii +168 halaman

ISBN               : 978-602-6359-28-5

Peresensi         : Ratnani Latifah.

Shalat adalah tiang agama Islam sekaligus ibadah utama yang pertama kali akan dihisab oleh Allah atas hamba-hambaNya. Sebab ibadah shalat inilah yang menjadi pembeda utama antara kaum muslim dan non-muslim. Jadi betapa pentingnya ibadah shalat sehingga, kita tidak boleh menyepelekan apalagi melalaikannya.  Dan buku ini hadir memberi sumbangsih sebagai salah satu ikhtiar sebagai pengingat bagi kita semua untuk lebih rajin shalat. Karena dengan menjalankan ibadah shalat, kita akan memperoleh ketenangan juga pahala yang berlipat ganda.

Dipaparkan dengan gaya bahasa yang renyah,  buku ini akan mengajak kita  mengenal lebih dekat tentang masalah shalat. Perlu kita sadari dalam shalat ini terdapat kekuatan Allah, yang dapat mengalahkan semua kekuatan makhluk-Nya. Maka shalat yang kita lakukan sebenarnya dapat menarik rahmat dan pertolongan Allah. (hal 14).   Sebagaimana yang termaktub dalam surat Al-Baqarah ayat 45 telah dijelaskan, “Carilah pertolongan (Allah) dengan sabar dan shalat.

Dan di atara keutamaan shalat adalah shalat merupakan perintah Allah yang paling dicintai. Seorang ulama,Mulla Ali Qari menyatakan bahwa shalat merupakan kewajiban Islam yang paling penting setelah iman (hal 31).  Shalat juga dapat menggugurkan dosa. Karena ketika kita menjalankan shalat, sudah semestinya kita akan melakukan wudhu. Dan wudhu yang sempurna, disinyaalir bisa menggugurkan dosa. Ditambah lagi saat kita mulai menjalankan shalat dan berdoa, Allah kembali memberi pengampunan kepada kita. Maka tidak bisa dipungkiri, bahwa dengan shalat hati kita pun menjadi tenang dan tenteram.

Kemudian dengan melakukan shalat, kita juga bisa terlindung dari siksa neraka. Dalam sebuah hadis pernah diterangkan bahwa barangsiapa yang melakukan shalat, Allah akan memuliakannya dengan lima perkara, di antaranya adalah menyelamatkan dari azab kubur.   Jadi masikah kita ragu untuk shalat? Padahal dengan menjalankan shalat hati kita tidak gersang dan akan selalu tenang.

Umar bin khatab pernah berkata, “Yang paling aku pandang penting dari segala sesuatu adalah shalat. Jika seseorang itu menjaga shalatnya dengan penuh perhatian, maka ia akan menjaga agama ini dan amalan-amalan lainnya dengan penuh perhatian. Dan jika ia melalaikan shalat, maka ia pun akan melalaikan agama ini serta amalan-amalan agama lain.”(hal 62).  Dan penting kita cacat, shalat yang baik lebih utama dilakukan dengan berjamaah. Di mana kita akan mendapat pahala berlipat ganda.

Selain membahas keutamaan hingga bahaya yang akan kita dapat ketika meninggalkan shalat, kita juga akan diingatkan tentang pentingnya shalat berjamaah dan pandangan Islam mengenai cara ibadah seorang muslimah. Sebuah buku yang patut dibaca untuk dijadikan renungan.(*)


RATNANI LATIFAH: Cerpen dan resensinya pernah dimuat diberbagai media. Buku terbarunya, Terapi Hati; Agar Hati Sehat Tak Mudah Berkarat (Quanta, 2019), Ayo Belajar Mandiri (Elex Kidz, 2019), Be Quran Lovers (Genta Hidayah, 2019) dan Hijrah Asyik Muslim Mulenial (Quanta, 2019). Alumni Unisnu Jepara. Bisa dihubungi di akun FB Ratna Hana Matsura. Atau blog https://ratnanilatifah.blogspot.com.