Bappeda Apresiasi DRD Bentuk Forum Riset

Taufikurrahman (pegang mic) kepala Bappeda Pamekasan. Sumber foto website Bappeda

Pamekasan,lebur.id­- Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Pamekasan, mengapresiasi Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pamekasan, yang telah membentuk forum riset, melibatkan seluruh Perguruan Tinggi se Pamekasan, baik Perguruan Tinggi negeri maupun Perguruan Tinggi swasta.

Kepala Bappeda Kabupaten Pamekasan, Taufiqurrahman mengatakan, forum riset ini diharapkan mampu mewadai peneliti-peneliti Pamekasan. Khususnya peneliti yang ada di Perguruan Tinggi. Melalui forum ini juga diharapkan, para peneliti bisa berperan aktiv dalam memberikan masukan melalui hasil riset, terhadap percepatan pembangunan di Kabupaten Pamekasan.

Mantan Kepala Dinas Keuangan Daerah ini menguraikan, Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pamekasan, selain memiliki tugas menyusun arah prioritas kerangka kebijakan strategis daerah (Jakstrada) serta menyusun Agenda Riset Daerah (ARD), juga bertugas memberikan masukan dan pertimbangan terhadap Bupati Pamekasan, terkait hambatan-hambatan pembagunan yang ada di Kabupaten Pamekasan. Sehingga, hambatan-hambatan pembangunan, bisa segera menemukan jalan keluar atas saran dan pertimbangan DRD Pamekasan.

Selain itu Taufiqurrahman berterimakasih kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi di Kabupaten Pamekasan, yang sudah memberikan respon positif terhadap dibentuknya forum riset daerah. Kedepa kata Taufiq, sinergi Pemkab Pamekasan dengan pimpinan perguruan tinggi di Kabupaten Pamekasan, melalui DRD semakin ditingkatkan. Sehingga, dunia akademisi memiliki peran yang sama, untuk memajukan pembangunan Kabupaten Pamekasan.

Seperti berita sebelumnya, Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pamekasan, menjadi inisiator pembentukan forum riset, yang melibatkan akademisi dan peneliti yang ada di Perguruan Tinggi Kabupaten Pamekasan.

Forum riset yang didalamnya ada kegiatan ‘riset untuk rakyat’, seperti yang dijelaskan Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Pamekasan Kadarisman Sastrodiwirjo, bertujuan untuk mengeksplorasi hasil penelitian dosen atau mahasiswa perguruan tinggi se Pamekasan dan diutamakan penelitian terapan, serta memberikan ruang kepada peneliti dosen atau mahasiswa, untuk mempersentasikan hasil penelitian.

Mantan Wakil Bupati Pamekasan ini menambahkan, forum riset juga dalam rangka mendapatkan ide atau gagasan terkait pengembangan berkenaan dengan percepatan pembangunan Kabupaten Pamekasan, yang mengacu kepada kebijakan strategis pembangunan daerah (jakstrada) Iptek 2018-2023 Kabupaten Pamekasan.

“Forum ini nantinya, akan menjadi forum tetap bagi Pemerintah Kabupaten Pamekasan dan para akademisi serta peneliti untuk mengeksplorasi ide atau gagasan dalam bentuk kajian-kajian ilmiah,”jelasnya.

Tidak hanya itu kata Dadang sapaan akrab Kadarisman Sastrodiwirjo, forum ini akan menjadi sarana bagi akademisi dan peneliti untuk berperan aktif dalam proses pembagunan dan pengembangan Kabupaten Pamekasan.(uzi/af)