Gelontorkan Rp 75 Miliar untuk Layanan UHC, Bupati Pamekasan Terima Penghargaan dari Mendagri

PAMEKASAN, Lebur.id – Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Baddrut Tamam menerima penghargaan UHC Award 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian kepada Bupati Baddrut Tamam atas komitmennya dalam merealisasikan program UHC (Universal Health Coverage) secara masif di daerahnya.

“Kita mendapat penghargaan karena sudah melaksanakan layanan UHC pada masyarakat, dimana ada Rp. 75 Milyar dari APBD Pamekasan untuk mengcover UHC,” ujar Baddrut Tamam.

Menurut Bupati, saat ini program UHC di Pamekasan sudah mengcover lebih dari 95 persen jumlah penduduknya. Melalui UHC, Pemkab menggratiskan pelayanan kesehatan masyarakat Pamekasan, dan sejak diterapkannya UHC, terdapat rata-rata 100 orang berobat ke fasilitas kesehatan dalam setiap harinya.

“Program UHC tersebut sebagai bentuk komitmen Pemkab dalam memberikan pelayanan yang excelent kepada masyarakat. Dulu masyarakat yang ekonominya kurang cukup takut mau periksa kesehatan. Sekarang masyarakat, sakit sedikit sudah mau datang ke fasilitas kesehatan,” terang Bupati yang akrab disapa Mas Tamam itu.

Atas diraihnya penghargaan itu, Mas Tamam menyampaikan terima kasih kepada dinas kesehatan, para tenaga medis, serta semua pihak terkait yang telah bekerja luar biasa memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat Pamekasan.

“Penghargaan ini kami persembahkan kepada kita semua dan masyarakat Pamekasan yang telah berpartisipasi mensukseskan program ini. Program layanan gratis di bidang kesehatan ini kami sengaja persembahkan kepada semua lapisan masyarakat,” tutup mantan anggota DPRD Jawa Timur dua periode itu. (lum/isa)